Pendidikan

Just another WordPress.com weblog

Contoh RPP IPA SD kelas V September 13, 2008

Filed under: Pendidikan — hanims @ 3:24 am

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : IPA
Materi : Bagian Tubuh Makhluk Hidup
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi waktu : 5 JP
I. Standar Kompetensi : 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
II. Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
III. Indikator : •
1. Siswa dapat menunjukkan bagian alat pernapasan pada manusia
2. Menjelaskan fungsi bagian alat pernapasan pada manusia
3. Mendeskripsikan alur pernapasan pada manusia disertai dengan gambar
IV. Materi :
V. Metode Pembelajaran : Pengamatan (observasi)
Diskusi
Demonstrasi
VI. Langkah – langkah Pembelajaran :
II. VI.1 Pendahuluan (15 menit)
 Guru memotivasi siswa dengan melakukan permainan dan yel-yel bersama
 Guru bertanya pada siswa, kebutuhan makhluk hidup (diantaranya butuh bernapas)
 Guru bertanya pada siswa, lewat manakah udara masuk saat manusia bernapas
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Apa sajakah nama-nama bagian organ pernapasan manusia ?
VI.2 Kegiatan inti ( 40 menit )
 Siswa dikelompokkan menjadi 8 kelompok (masing-masing 4/5 siswa)
 Siswa secara berkelompok melakukan pengamatan terhadap gambar tubuh manusia dan menggambarkan alur pernapasan pada tubuh manusia
 Siswa melengkapi LKS yang sudah dibagikan
 Beberapa kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
 Diskusi bersama untuk menyimpulkan hasil akhir pengamatan siswa
VI.3 Kegiatan akhir (15 menit)
 Guru memberikan penguatan atas kesimpulan dengan memberikan pertanyaan mencongak.
 Siswa mengerjakan lembar penilaian

VII. Sumber Belajar : buku paket IPA, poster tubuh manusia/torso, LKS, Lembar Penilaian
VIII. Penilaian : – performance (keaktifan dalam observasi dan percobaan)
- produk (lembar observasi siswa)
- lembar penilaian

LEMBAR KERJA SISWA

Bismillahirrahmaanirrahiim
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
Indikator : • 1. Siswa dapat menunjukkan bagian alat pernapasan pada manusia

Alhamdulillaah

Lembar Penilaian

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Indikator : : • 1. Siswa dapat menunjukkan bagian alat pernapasan pada manusia

Lengkapilah dengan jawaban yang benar!
Dari gambar dibawah ini, sebutkan bagian-bagian alat pernapasan dan beri nama!

Alhamdulillaah

Lembar Penilaian

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Indikator : : • 1. Siswa dapat menunjukkan bagian alat pernapasan pada manusia

Lengkapilah dengan jawaban yang benar!
Dari gambar dibawah ini, sebutkan bagian-bagian alat pernapasan dan beri nama!

Alhamdulillaah
III. VI.1 Pendahuluan (5 menit)
 Guru memotivasi siswa dengan melakukan permainan dan yel-yel bersama
 Guru bertanya pada siswa, nama-nama alat pernapasan manusia
 Guru bertanya pada siswa, mengapa dada kita seolah bergerak saat bernapas
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Apa fungsi dari alat pernapasan kita dan bagaimanakah proses itu terjadi?
VI.2 Kegiatan inti ( 20 menit )
 Siswa dikelompokkan menjadi 8 kelompok (masing-masing 4/5 siswa)
 Siswa secara berkelompok melakukan pengamatan organ tubuh manusia dan menyebutkan fungsi bagian-bagian organ pernapasan dan menggambarkan alur masuknya udara sampai ke paru-paru
 Siswa melengkapi LKS yang sudah dibagikan
 Beberapa kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
 Guru bersama siswa membuat alur pernapasan manusia mulai dari hidung sampai ke paru-paru
 Diskusi bersama untuk menyimpulkan hasil akhir pengamatan siswa
VI.3 Kegiatan akhir (10 menit)
 Guru memberikan penguatan atas kesimpulan dengan memberikan pertanyaan mencongak.
 Siswa mengerjakan lembar penilaian
VII. Sumber Belajar : buku paket IPA, poster tubuh manusia/model, LKS
VIII. Penilaian : – performen (keaktifan dalam observasi dan percobaan)
- produk (lembar observasi siswa)
- lembar penilaian

LEMBAR KERJA SISWA
Bismillahirrahmaanirrahiim
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
Indikator : 2. Menjelaskan fungsi bagian alat pernapasan pada manusia
3. Mendeskripsikan alur pernapasan pada manusia disertai dengan gambar

Gambarkan/Tuliskan urutan alur pernapasan pada manusia dimulai dari udara masuk!

Alhamdulillaah

Lembar Penilaian

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Indikator : : • 1. Siswa dapat menunjukkan bagian alat pernapasan pada manusia
2. Menjelaskan fungsi bagian alat pernapasan pada manusia
3. Mendeskripsikan alur pernapasan pada manusia disertai dengan gambar

Lengkapilah dengan jawaban yang benar!
1. Dari gambar dibawah ini, sebutkan nama-nama bagian alat pernapasan dan fungsinya!

2. Tuliskan alur pernapasan manusia dengan benar dengan disertai gambar !

Alhamdulillaah

About these ads
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.