Pendidikan

Just another WordPress.com weblog

contoh RPP SD kelasV-bag.2 September 13, 2008

Filed under: Pendidikan — hanims @ 3:31 am

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : IPA
Materi : Bagian Tubuh Makhluk Hidup
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi waktu : 4 JP
I. Standar Kompetensi : 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
II. Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
III. Indikator : •
4. Mendemonstrasikan cara kerja model alat pernapasan manusia
5. Menjelaskan beberapa penyakit yang menyerang alat pernapasan
IV. Materi :
Alat-alat pernapasan pada manusia terdiri dari rongga hidung, pangkal tenggorok, tenggorok (trakea), dan paru-paru. Proses pernapasan pada manusia berawal dari masuknya udara bebas ke dalam hidung. Di dalam hidung, udara mengalami penyaringan sehingga debu atau kotoran yang berasal dari udara tidak dapat masuk. Penyaringan ini dilakukan oleh rambut hidung dan selaput lendir. Selain mengalami proses penyaringan, udara yang masuk ke dalam hidung juga mengalami penyesuaian suhu dan kelembapan.
V. Metode Pembelajaran : Pengamatan (observasi)
Percobaan
Diskusi
Demonstrasi
VI. Langkah – langkah Pembelajaran :
I. VI.1 Pendahuluan (10 menit)
 Guru memotivasi siswa dengan melakukan permainan dan yel-yel bersama
 Guru bertanya pada siswa, nama alat pernapasan manusia dan fungsinya
 Guru bertanya pada siswa, bagaimanakah cara manusia bernapas
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Bagaimanakah mendemonstrasikan cara kerja model alat pernapasan manusia?
VI.2 Kegiatan inti ( 45 menit )
 Siswa dikelompokkan menjadi 8 kelompok (masing-masing 4/5 siswa)
 Siswa secara berkelompok melakukan percobaan membuat contoh alat pernapasan manusia.
 Siswa melengkapi LKS yang sudah dibagikan
 Beberapa kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
 Diskusi bersama untuk menyimpulkan hasil akhir pengamatan siswa
VI.3 Kegiatan akhir (15 menit)
 Guru memberikan penguatan atas kesimpulan dengan memberikan pertanyaan mencongak.
 Siswa mengerjakan lembar penilaian

VII. Sumber Belajar : buku paket IPA, alat percobaan, LKS

VIII. Penilaian : – performance (keaktifan dalam observasi dan percobaan)
– produk (lembar observasi siswa)
– Lembar penilaian

LEMBAR KERJA SISWA

Bismillahirrahmaanirrahiim
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
Indikator : • 4. Mendemonstrasikan cara kerja model alat pernapasan manusia

Alhamdulillaah

Lembar Penilaian

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Indikator : • 4. Mendemonstrasikan cara kerja model alat pernapasan manusia

Gambarkan model alat percobaan dan bagaimana proses bernapasnya manusia!

Alhamdulillah

Lembar Penilaian

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Indikator : • 4. Mendemonstrasikan cara kerja model alat pernapasan manusia

Gambarkan model alat percobaan dan bagaimana proses bernapasnya manusia!

Alhamdulillaah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : IPA
Materi : Bagian Tubuh Makhluk Hidup
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi waktu : 4 JP
I. Standar Kompetensi : 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
II. Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
III. Indikator : •
5. Menjelaskan beberapa penyakit yang menyerang alat pernapasan
IV. Materi :

V. Metode Pembelajaran : Pengamatan (observasi)
Diskusi

VI. Langkah – langkah Pembelajaran :
I. VI.1 Pendahuluan (10 menit)
 Guru memotivasi siswa dengan melakukan permainan dan yel-yel bersama
 Guru bertanya pada siswa, nama alat pernapasan manusia dan fungsinya
 Guru bertanya pada siswa, bagaimanakah cara manusia bernapas
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Apa sajakah penyakit yang biasa menyerang alat pernapasan manusia?
VI.2 Kegiatan inti ( 45 menit )
 Siswa dikelompokkan menjadi 8 kelompok (masing-masing 4/5 siswa)
 Siswa secara berkelompok melihat beberapa slide gambar orang sakit karena pernapasan terganggu.
 Siswa melengkapi LKS yang sudah dibagikan
 Beberapa kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
 Diskusi bersama untuk menyimpulkan hasil akhir pengamatan siswa
VI.3 Kegiatan akhir (15 menit)
 Guru memberikan penguatan atas kesimpulan dengan memberikan pertanyaan mencongak.
 Siswa mengerjakan lembar penilaian

VII. Sumber Belajar : buku paket IPA, Gambar-gambar yang berhubungan dengan materi, LKS

VIII. Penilaian : – performance (keaktifan dalam observasi dan percobaan)
– produk (lembar observasi siswa)
– Lembar penilaian

LEMBAR KERJA SISWA

Bismillahirrahmaanirrahiim
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
Indikator : 5. Menjelaskan beberapa penyakit yang menyerang alat pernapasan

Alhamdulillaah

Lembar Penilaian

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Indikator : • 5. Menjelaskan beberapa penyakit yang menyerang alat pernapasan
Sebutkan beberapa penyakit yang menyerang alat pernapasan dan jelaskan!

Alhamdulillah

Alhamdulillaah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s