Pendidikan

Just another WordPress.com weblog

Persiapan sertifikasi guru 2010 Februari 7, 2010

Filed under: Pendidikan — hanims @ 12:22 pm

Bagaimana menjadi guru benar?sekarang ini profesi guru sedang naik daun, sejak adanya kebijakan pemerintah yang memperhatikan nasib guru di negara kita, orang melihat peluang pekerjaan guru sebagai profesi yang menjanjikan, apalagi sejak adanya sertifikasi. LSM banyak berlomba memberikan pelatihan tentang keguruan untuk menambah poin saat sertifikasi.

bagaimanakah sertifikasi yang terjadi sekarang? ini adalah peluang bagi guru yang inovatif untuk menunjukkan kepada dunia pendidikan bhahwa mereka tidak hanya guru anteng.  datang anteng, duduk anteng, siswa anteng nilai anka-anakpun anteng atau bisa diatur.  Tapi sekarang mereka yang mempunyai kinerja baik walaupun hanya 5 tahun menjadi guru dapat lulus sertifikasi walapun tanpa harus diklat.

Pengalaman ini saya alami sendiri, saya bersyukur karena keinginan untuk mengembangkan diri sebagai guru, saya belajar  menulis modul bahasa jawa mulai dari kelas satu, saya lanjutkan dengan kelas dua, tiga bahkan dengan semangat mengabdi dan belajar saya membuat modul buku bahasa Jawa kelas 1-5.  Semula saya tidak membayangkan akan ada sertifikasi guru, karena saya membuatnya kira-kira tahun 2005-2006.

Dengan berbekal ilmu bahasa Jawa pas-pasan dan kondisi siswa saya yang rata-rata anak luar daerah Jawa, atau walaupun oranmg Jawa tetapi kesehariannya memakai bahasa Indonesia, mereka sangat lemah untuk memahami buku Bahasa Jawa yang ada di pasaran.

Bagaimana materinya?

Saya tahu mereka sangat tidak paham kata-kata bahasa Jawa karena memang tidak pernah mereka pakai sehari-hari.  Akhirnya  saya buat bahasa Jawa yang mudah, belajar kosa kata lebih dulu seperti ketika anak-anak belajar Bahasa Inggris di kelas satu.

Untuk memenuhi target kurikulum maka saya memakai kosakata yang sangat sederhana dan umum, sehingga mereka mudah untuk menghafal. akhirnya jadilah modul perdana yang ternyata bermanfaat untuk sertifikasi.  Ini saya pikir adalah bonus dari ketekunan saya belajar menjadi guru yang baik.

apakah itu cukup? apa lagi modal untuk lulus sertifikasi? saya usulkan kepada anda untuk pandai-pandai membuat  dokumentasi dari pembelajaran yang anda buat, apakah itu model pembelajrannya, metodenya atau alat peraganya.

Alatperaga yang dapat saya jadikan inventaris tidak sebanyak yang telah saya perbuat karena waktu itu tidak terpikir utnuk mendokumentasikan, tapi sekarang dengan hp kamera semoga para guru inovatif dapat selalu mendokumentasikan alat peraga yang dibuat dan model pembelajaran yang dipakai, itu sangat membantu.

Seringkah ikut pelatihan?

Alhamdulillah sejak mengajar tahun 2004, kebetulan saya mengajarnya banyak di bidang eksak yaitu matematika dan fisika. Apalgi sekolah saya mengadakan  kerjasama denag KPI (Konsorsium Pendidikan Islam yang sekarang berubah menjadi Kualita Pendidikan Islam) banyak memberikan pelatihan.  Mulai dari Quantum teaching, pelatihan matematika, scope and scuence, dll. sampai sekarang saya  belum pernah memakai sertifikat bodong alias aspal.  Karena bekal pelatihan yang saya ikuti membuat saya PD tanpa harus mencari dari jalur belakang.

Aktivitas sosial, perlukah?

Sejak mahasiswa saya suka sekali berorganisasi walaupun lingkupnya hanya sekitar masjid dan rumah, tetapi itu dapat jadi modal juga.  saya pernah jadi pengurus ibu-ibu PKK RT, ketua kajian IBU-ibu se RT, mengisi kajian dislah satu RT dengan ikut salah satu LSM Islam.  Tetapi untuk sertifikasi saya hanya mencantumkan saat saya mengisi kajian ibu-ibu saja karena yang lainnya sulit untuk mencari bukti. karena belum ada LSM yang menaungi. Oleh karena itu saya sarankan buatlah yayasan walaupun kecil bersama teman-teman untuk menaungi aktifitas sosial kita dimasyarakat, karena jika kita guru maka hal itu ternyata bermanfaat sekali.  Mungkin menjadi pengurus PAUD, posyandu atau lainnya.

PTK bagaimana?

saya hanya bisa menyodorkan 2 PTK karena kebetulan ada family yang sudah sepuh dan kuliah S1 untuk menunjang karir gurunya meminta  bantuan menyelesaikan PTKnya.  Terpikir oleh saya untuk membuat PTK sendiri dengan model pembelajaran yang variasi, waktu itu saya pakai TGT dan STAD untuk model ujicobanya.  Yah walaupun toidak sempurna paling tidak saya belajar bagaiman membuat PTK.

Apakah anda siap menjadi guru benar? maaf saya buka guru yang benar tetapi saya berusaha untuk bisa menjadi guru yang benar sesuai dengan tuntutan keadaan saya sebagai seorang guru.  Banyak hal yang ingin saya pelajari dari profesi saya ini.  Sekarang saya sudah membuat modul LKS Matematika kelas 5, IPA kela 4 dan 5.  Sekarang saya dan beberapa teman mencoba membuat modul PAI kelas 4 dan 5. Mengapa saya masih pengin buat modul?ternyata setelah pengalaman pertama membuat modul, menulis itu menyenangkan walaupun saya bukan ahli bahasa Indonesia tetapi menumpahkan hasrat dengan men ulis membuat kita menjadi berharga paling tidak buat diri sendiri.

Selamat mencoba menjadi guru inovatif, semoga tahun 2010 ini anda bisa menyiapkan diri menjadi guru Profesional dan bisa ikut sertifikasi walaupun pengalaman hanya 5 tahun tidak kalah nili kita dengan guru yang sudah mengjara >20tahun, amin.

 

Tinggalkan Balasan

