Pendidikan

Just another WordPress.com weblog

Februari 14, 2010

Filed under: UASBN SD — hanims @ 11:23 am
Tags:

EVALUASI BELAJAR
TAHAP AKHIR NASIONAL
TAHUN 1994
BAHASA INDONESIA

JUMLAH PENDUDUK
Sebagai salah seorang anggota keluarga, kamu dapat menghitung jumlah keluarga di rumahmu. Misalnya, di rumahmu ada ayah, ibu, dua orang adik, nenek, dan kakekmu. Berarti di rumahmu ada tujuh orang. Cukup banyak orang di rumahmu, bukan!
Coba kamu perhatikan lingkungan tempat tinggalmu! Dapatkah kamu menghitung? Tentu saja dapat, hanya saja memerlukan waktu cukup lama karena cukup banyak jumlahnya. Apabila kalau kamu menghitung banyaknya penduduk di kampungmu atau penduduk di seluruh kepulauan Indonesia. Tidak cukup waktu satu-dua hari untuk menghitungnya, melainkan berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan, karena kamu harus mendatangi rumah setiap penduduk,
Suatu cara untuk menghitung jumlah penduduk di suatu tempat adalah dengan jalan yang biasa disebut sen-sus atau cacah jiwa. Dengan cacah jiwa, jumlah penduduk di suatu tempat dapat diketahui dengan pasti. Cacah jiwa dilakukan mulai dari perhitungan jumlah penduduk ditiap keluarga sampai dengan jumlah penduduk di seluruh desa, bahkan jumlah penduduk suatu negara.
Dengan mengetahui jumlah anggota keluarga, kepala keluarga dapat mengatur kehidupan anggota keluarganya, baik biaya hidupnya, biaya pendidikan anak-anaknya, maupun biaya-biaya lainnya. Demikian juga halnya dengan pemerintah. Dengan mengetahui jumlah penduduk pemerintah dapat mengatur kehidupan penduduknya sehingga memperoleh kehidupan yang layak. Kalau penduduk terlalu padat, mereka harus mencari tempat lain sehingga memperoleh hidup yang layak.
Kota-kota besar biasa lebih padat penduduknya daripada kota kecil atau desa. Rumah-rumah di desa berjauhan. Banyak lahan yang masih kosong yang dapat digarap untuk pertanian. Penduduknya pun tidak banyak. Kalau kamu masuk ke balai desa atau kantor lurah, kamu dapat melihat jumlah penduduk yang tertera di papan data penduduk. Angka-angka yang terter di sana merupakan hasil cacah jiwa penduduk di desa itu. Berdasarkan hasil cacah jiwa itu, kepala desa atau lurah dapat merencanakan pembangunan daerahnya, guna kesejahteraah penduduknya.
Dikutip dari: Pandai Berbahasa Indonesia 5c
Depdikbud RI

EBTANAS-94-01
Apa gunanya sensus?
Sensus berguna untuk …
A. mengetahui jumlah penduduk di suatu tempat
B. menghitung jumlah penduduk di suatu negara
C. mengetahui jumlah keluarga di suatu tempat
D. menghitung jumlah penduduk di suatu tempat
EBTANAS-94-02
Dimana masih banyak terdapat lahan yang kosong?
A. Di setiap daerah masih banyak terdapat lahan yang
kosong
B. Di kota masih banyak terdapat lahan yang kosong
C. Di desa masih banyak terdapat lahan yang kosong
D. Di kota dan di desa masih banyak terdapat lahan
yang kosong
EBTANAS-94-03
Mengapa pemerintah harus mengatur kehidupan
penduduknya?
Pemerintah harus mengatur kehidupan penduduknya
agar …
A. penduduk tidak menjadi padat
B. jumlah anggota keluarga menjadi berkurang
C. pembangunan berjalan lancar
D. mereka memperoleh kehjdupan yang layak
EBTANAS-94-04
Bagaimana keadaan penduduk di desa? Keadaan
penduduk di desa …
A. lebih padat daripada penduduk kota
B. tidak sepadat penduduk kota
C. lebih kaya daripada penduduk kotjt
D. tidak selayak penduduk kota
EBTANAS-94-05
Kalimat utama paragraf kelima adalah …
A. Berdasarkan hasil cacah jiwa itu kepala desa
merencanakan pembangunan di daerahnya
B. Angka-angka yang tertera di sana merupakan hasil
cacah jiwa penduduk di desa itu
C. Kota-kota besar biasanya lebih padat
penduduknya daripada kota kecil atau di desa
D. Banyak lahan yang masih kosong yang dapat
digarap untuk pertanian
EBTANAS-94-06
Karet merupakan … untuk ban.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas
adalah …
A. produksi
B. ramtian
C. alat
D. bahan baku
EBTANAS-94-07
Kata yang bercetak miring adalah kata khusus, yakni
yang terdapat pada kalimat …
A. Ima mengambil buku di dalam lemari.
B. Kami sedang melihat pertandingan tinju di televisi
C. Penjaga gawang memungut bola di luar jaring
D. Saya lihat dia sedang membawa tas hitamnya
EBTANAS-94-08
Hemat, cerdas dan bersahaja adalah pramuka.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas
adalah …
A. sumpah
B. janji
C. pedoman
D. kehormatan
EBTANAS-94-09
Di waning barang dagangan di jual secara …
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas
adalah …
A. eceran
B. kodian
C. borongan
D. kredit
EBTANAS-94-10
Tujuan KB adalah membantu kehidupan keluarga yang

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas
adalah …
A. sentosa
B. harmonis
C. bahagia
D. damai
EBTANAS-94-11
Kendaraan bermotor menimbulkan polusi udara.
Sinonim kata yang dicetak miring adalah …
A. pencampuran
B. penjernihan
C. pengotoran
D. pencemaran
EBTANAS-94-12
Pipi adik kemerah-merahan.
Kata yang dicetak miring artinya …
A. mempunyai sifat merah
B. menjadi merah
C. berwarna agak merah
D. banyak merahnya
EBTANAS-94-13
Lantai itu alas permadani.
Kata yang dicetak miring seharusnya …
A. beralasan
B. dialasi
C. teralaskan
D. beralasan
EBTANAS-94-14
Kalimat di bawah ini yang mengandung kata bilangan
tingkat adalah …
A. Pelajar teladan itu menduduki peringkat kesatu di
kelasnya
B. Fahmi berlibur selama lima hari di Bandung
C. Mereka berdua pergi ke pasar
D. Kedua anak itu masih bersuadara
EBTANAS-94-15
Di antara kalimat di bawah ini yang mengandung kata
berlawanan ter- adalah …
A. Gunung itu sangat terjal
B. Buku itu terjual habis
C. Suara air terjun itu bergemuru
D. Peserta lomba itu terbang dengan pesawatnya
EBTANAS-94-16
Kalimat di bawah ini yang mengandung kata berlawan
ter- yang bermakna paling adalah …
A. Meja itu terangkat oleh adik
B. Kucing Budi tertabrak mobil
C. Buku adik tertinggal di kelas
D. Susi murid tercantik di sekolah itu
EBTANAS-94-17
Ani dan Ali sedang mengerjakan pekerjaan rumah. Kata
ganti yang tepat untuk kata-kata yang bergaris bawah
pada kalimat di atas adalah …
A. Kami
B. Kita
C. Mereka
D. Kalian
EBTANAS-94-18
Di antara kalimat di bawah ini yang termasuk kalimat
aktif transitif adalah …
A. Harimau itu pandai melompat
B. Dimas bersorak kegirangan
C. Jangan membuang sampah sembarang
D. la berjalan di tempat yang ramai
EBTANAS-94-19
Kata berimbuhan pe-an yang berarti cara terdapat pada
kalimat …
A. Dani tinggal di pemukiman itu
B. Perjudian di berantas oleh pemerintah
C. Pelaku penipuan itu ditangkap polisi
D. Pelayanan para petugas hotel itu sangat
memuaskan
EBTANAS-94-20
Kata berimbuhan ke-an yang bermakna kumpulan
terdapat pada kalimat …
A. Negara Indonesia adalah negara kepulauan
B. Kematian anaknya membuat ia bersedih hati
C. Tak ada orang lain yang dapat menyamai
kedudukan beliau
D. Kemiskinan adalah musuh bagi bangsa kita
EBTANAS-94-21
Berikut ini yang termasuk kalimat berita negatif adalah

A. Memang betul buku itu milikku
B. Kami tidak akan ke Jakarta hari ini
C. Petani itu menaburkan benih tanaman
D. Ibu membelikan adik sebuah boneka
EBTANAS-94-22
Murid-murid hati keterangan pada guru.
Kata yang bergaris bawah pada kalimat di atas
seharusnya …
A. diperhatikan
B. hati-hati
C. memperhatikan
D. perhatian
EBTANAS-94-23
Uang tabungan itu guna untuk membeli buku.
Kata yang bergaris bawah pada kalimat di atas
seharusnya …
A. menggunakan
B. penggunaan
C. kegunaan
D. dipergunakan
EBTANAS-94-24
Kata berimbuhan me-i yang tepat terdapat pada kalimat

A. Orang itu tidak memiliki rumahnya
B. Ayam itu sudah memiliki anak-anaknya
C. Sopir itu memiliki SIM
D. Ayah sedang memiliki sepatu baru
EBTANAS-94-25
Adik … ibu di kursi.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas
adalah …
A. didudukan
B. diduduki
C. kedudukan
D. mendudukan
EBTANAS-94-26
Frase bertingkat dengan pola diterangkan dan
menerangkan terdapat pada kalimat …
A. Tubuh adikku sangat gemuk
B. Pak guru menjinjing fas kulit
C. Ruangan ini terang benderang
D. Suasananya menjadi kacau balau
EBTANAS-94-27
Berikut ini yang termasuk kalimat majemuk bertingkat
adalah …
A. Ibu sedang menghidangkan makanan untuk para
tamu
B. Susi sedang memetikbungadihalaman rumahnya
C. Mardi mandi lalu pergi berganti pakaian
D. Kakek membaca koran ketika nenek menjahit
pakaian
EBTANAS-94-28
Penulisan kalimat langsung yang benar adalah …
A. “Tolong ambilkan buku itu, Bud! kata ibu”.
B. “Tolong ambilkan buku itu, Bud!” kata ibu.
C. “Ibu berkata, tolong ambilkan buku itu, Bud!”.
D. Ibu berkata, “Tolong ambilkan buku itu, Bud!”
EBTANAS-94-29
Penulisan kata serapan yang benar terdapat pada
kalimat …
A. Dimana kau simpan foto kopi surat itu?
B. Dimana kau simpan photo kopi surat itu?
C. Dimana kau simpan photo copi surat itu?
D. Dimana kau simpan poto kopi surat itu?
EBTANAS-94-30
Tina sedang sibuk bekerja. Ia ingin segera memperlihat
kan hasil kerajinan tangannya itu. Setelah karyanya itu
selesai dengan sempurna, Tina segera menyerahkannya
kepada Tim Penilai. Mereka sangat kagum terhadap
hasil karya Tina.
Judul yang tepat untuk paragraf di atas adalah …
A. Mengagumi Hasil Karya
B. Sibuk Bekerja
C. Karya yang Sempurna
D. Tina Mengikuti Lomba
EBTANAS-94-31
Kalimat berikut ini yang mengungkapkan keraguan
adalah …
A. Pasti dia tidak datang!
B. Kalau demikian, apakah kakek bisa sembuh?
C. Apa yang membantumu menjadi ragu?
D. Kalau kamu masih ragu, lebih baik tidak jadi?
EBTANAS-94-32
Kalimat berikut ini yang mengungkapkan rasa kecewa
adalah …
A. Bu, saya kecewa sekali atas kegagalan ini!
B. Kita takusah kecewa atas sikapnya itu!
C. Saya tidak dapat membayangkan kekeqewaan
hatinya
D. Ibu, jangan turuti perkataannya!
Perhatikan puisi di bawah ini !
Adikku
Adikku kecil lucu sekali
Bibirnya merah manis berseri
Jika ia sedang tertawa
Lesung pipitnya menggoda jiwa
Adikku manis adikku sayang
Jangan menangis dan jangan bimbang
Kalau adik sayang padaku
Tidurlah manis di pangkuanku
Soal ndmor 33, 34 dan 35 berkaitan dengan puisi di
atas
EBTANAS-94-33
Puisi di atas terdiri dari … bait
A. 2
B. B.
C. 8
D. 16
EBTANAS-94-34
Jumlah larik pada puisi di atas adalah … larik
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
EBTANAS-94-35
Bait kedua dari puisi tersebut rima akhirnya …
A. a – b – a – b
B. a – a – b – b
C. b – a – a – b
D. a – b – b – a
Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
EBTANAS-94-36
Ayam Adi … terlindas mobil.
EBTANAS-94-37
Polisi berhasil meringkus … penjahat
EBTANAS-94-38
Ia pergi ke sekolah … sedang sakit
EBTANAS-94-39
Nanti kubawakan payung … tidak pula
EBTANAS-94-40
Kedua … itu telah naik ke atas ring untuk bertarung
EBTANAS-94-41
Ayah menerima kiriman buku … penerbit
EBTANAS-94-42
Kakek membaca buku … ruang tamu
EBTANAS-94-43
Di jalan raya banyak terdapat rambu-rambu … lintas
EBTANAS-94-44
… ia datang terlambat ?
EBTANAS-94-45
Saya telah berkali-kali menasehatinya … sikapnya
masih belum berubah.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
singkat dan tepat!
EBTANAS-94-46
Buatlah sebuah paragraf sekurang-kurangnya terdiri
dari lima kalimat, yang menggambarkan keadaan ruang
kelasmu!
EBTANAS-94-47
Lengkapilah surat ucapan selamat dari Indra kepada
Arief di bawah ini!
Bandung, 3 Mei 1994
Kepada
Sahabatku Arief di Bandung
Reif, saya dengar kamu menjadi juara bulu tangkis
Untuk itu …………………………………………………………..
………………………………………………………
………………………………………………………
…………………..
Sekian dulu, ya! Sampai jumpa!
Sahabatmu Indra
EBTANAS-94-48
Isilah formulir di bawah ini!
Hal : Permohonan Menjadi Anggota
Kepada
Yth. Ketua Sanggar Tari Salaka Domas
di Bandung
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : …………………………………
Lahir : di ……………………………..
Tanggal : …………………………………
Alamat : …………………………………
Pekerjaan : …………………………………
Mengajukan permohonan untuk menjadi anggota
Sanggar Tari Salaka Domas. Bersama ini saya
lampirkan foto kopi kartu …………..
Terimakasih atas perhatiannya.
…….., …….. 19…
Pemohon
…………………
EBTANAS-94-49
Kembangkanlah kalimat utama di bawah ini sehingga
menjadi paragraf yang baik !
Nenekku tinggal di desa ……………………………..
………………………………………………………..
………………………………………………………..
………………………………………………………..

EBTANAS-94-50
Lengkapilah poster di bawah jni dengan kalimat yang
menarik!

Mengarang
Buatlah sebuah karangan dari gambar seri di bawah ini.
Tentukan judulnya sesuai dengan cerita yang kamu
buat. Panjang karangan paling sedikit satu halaman
folio.
Selamat mengarang!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s